Beranda | Artikel
Empat Faktor Penyebab Adzab Kubur
Senin, 28 Juni 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Nur

Empat Faktor Penyebab Adzab Kubur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 26 Syawal 1442 H / 7 Juni 2021 M.

Kajian Tentang Empat Faktor Penyebab Adzab Kubur

Kita sudah membahas tiga poin, yaitu:

  1. tidak hati-hati ketika buang air kecil sehingga air seninya tidak ia pedulikan walaupun sudah memercik pakaian atau tubuhnya, atau mereka yang tidak istinja’ setelah buang air kecil,
  2. pengadu domba,
  3. ghulul, yaitu mencuri harta rampasan perang sebelum dibagi-bagi, mencuri harta zakat, para pegawai yang ditugaskan untuk suatu tugas lantas dia mendapat hadiah atau tips dari tugasnya tersebut sementara dia sudah digaji untuk tugasnya tersebut, mencuri harta umat untuk menjadi milik pribadinya.

Pada kajian kali ini akan dibahas tentang:

  1. dusta,
  2. menjauhkan dirinya dari Al-Qur’an atau tidak membaca Al-Qur’an,
  3. zina,
  4. riba.

Empat faktor ini disebutkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam sebuah hadits shahih yang panjang beserta adzab yang akan ditimpakan kepada si pelaku dosa ini.

Allah dan RasulNya memberitahukan kepada kita bentuk-bentuk adzab yang akan ditimpakan kepada sebagian pelaku dosa. Dari Samurah bin Jundub, dia berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى صَلَاةً أَقْبَلَ عَلَيْنَا بِوَجْهِهِ

“Bahwasanya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila beliau selesai melaksanakan shalat, beliau menghadap ke arah kami.”

فَقَالَ مَنْ رَأَى مِنْكُمْ اللَّيْلَةَ رُؤْيَا

“Lalu beliau berkata: ‘Siapa di antara kalian yang tadi malam bermimpi?`”
Kalau ada di antara para sahabat yang bermimpi tadi malam, maka dia pun menceritakan mimpinya tersebut kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan Rasulullah pun menanggapi dengan mengatakan: “MasyaAllah.”

Suatu hari beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bertanya dan ternyata tidak ada yang menceritakan mimpinya. Ternyata pagi itu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menceritakan apa yang dia lihat dalam mimpinya.

لَكِنِّي رَأَيْتُ اللَّيْلَةَ رَجُلَيْنِ أَتَيَانِي فَأَخَذَا بِيَدِي فَأَخْرَجَانِي إِلَى الْأَرْضِ الْمُقَدَّسَةِ

“Tetapi tadi malam aku bermimpi didatangi oleh dua orang laki-laki. Kedua orang itu memegang tanganku dan membawaku ke Baitul Maqdis.”

Simak hadits lengkapnya pada menit ke-18:03

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50336-empat-faktor-penyebab-adzab-kubur/